No
|
Keterampilan
proses ilmiah
|
Sub
keterampilan proses ilmiah
|
Skor
deskripsi pencapaian
|
|
Mengamati
|
Melakukan pengamatan
|
3 : Mengamati skala multitester
dengan
melihat secara tegak lurus
2: Mengamati skala multitester dengan
cara
melihat Secara miring.
1 : Tidak mengamati multitester.
|
2
|
Mengumpulkan dan mengorganisasi data
|
2.1 Menggunakan alat percobaan
|
3 : Dapat mengoperasikan multitester
dan
membaca skala dengan tepat dan
teliti
2 : Dapat mengoperasikan multitester
dan
membaca skala dengan tepat dan
kurang
teliti
1 : Tidak dapat mengoperasikan
multitester
dan membaca
skala
dengan
tepat dan teliti
|
2.2
Melakukan percobaan
|
3 : melakukan percobaan dan
bekerja sama dengan anggota kelompoknya
2 : Melakukan percobaan, tetapi hanya bekerjasama dengan beberapa anggota kelompok saja.
1 : Melakukan percobaan,
tetapi tidak mau diajak bekerjasama dengan anggota kelompok.
|
2.3
Mengumpulkan hasil percobaan (data)
|
3 : Data pengamatan
diisikan pada tabel
dengan lengkap dan teliti
2 : Data pengamatan
diisikan pada tabel
dengan tepat tetapi
kurang lengkap
1 : Data pengamatan
diisikan pada tabel
tetapi tidak tepat dan tidak lengkap
|
3
|
Merumuskan hipotesis
|
Merumuskan
Hipotesis
|
3 : Rumusan hipotesis merupakan
hasil
prediksi yang dapat
di uji melalui
eksperimen.
2 : Rumusan hipotesis merupakan
hasil
prediksi yang tidak dapat di uji
melalui
eksperimen.
1:
tidak merumuskan hipotesis
|
4
|
Mengidentifikasi Variabel
|
|
3
: Dapat menyebutkan 3 atau lebih variabel yang berhubungan dengan
materi.
2
: Dapat menyebutkan 2 variabel yang
berhubungan dengan materi
1 : Tidak
dapat menentukan variabel
|
5
|
Membuat kesimpulan
|
|
3 : siswa membuat kesimpulan sesuai
dengan tujuan penelitian
2 : siswa membuat kesimpulan tetapi
tidak sesuai dengan tujuan penelitian
1 : Siswa tidak membuat kesimpulan
|
No comments:
Post a Comment