Friday 9 May 2014

LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KALOR

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
A.    Tujuan
Membuktikan bahwa:
1.     Kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu yang sama dipengaruhi oleh jenis zat
2.     Untuk perubahan suhu yang lebih besar diperlukan kalor yang lebih besar pula (kalor sebanding dengan perubahan suhu)
3.     Untuk perubahan suhu yang sama, zat yang massanya lebih besar membutuhkan kalor yang lebih besar
Hipotesis
………………………………………………......................................….
 
 








B.    Alat dan bahan
-  LKS                   - Beker Gelas                  - Air                        - Kaki Tiga
-  Bunsen               - Minyak Goreng            - Termometer          - Statif
-  Stopwacth          - Gelas Ukur

C.    Prosedur percobaan dan pengumpulan data:
Percobaan I
1.    
Susunlah peralatan seperti gambar




Ambillah air masing-masing sebanyak 50 ml dan 100 ml dengan gelas ukur dan tuangkan masing-masing air tersebut kedalam beaker gelas(50ml ke gelas A dan 100 ml ke gelas B).
3.     Ukur suhu masing-masing air pada beker gelas dengan termometer dan catat hasilnya pada tabel sebagai suhu awal (T1)..
4.     Panaskan air pada glas A dan B tersebut sampai suhu air meningkat sampai 100. Catat waktu pemanasannya dan masukkan kedalam tabel.
5.     Ulangi langkah 1-4 sebanyak 2 kali.
TABEL PENGAMATAN 1
No
Volume  air (ml)
Suhu awal T1
(0C)
Suhu akhir T2 (0C)
Perubahan Suhu ΔT
(0C)
Waktu (sekon)
1

             50

100



100



100


2

            100

100



100



100


Catatan:
Ingat! Waktu lamanya pemanasan dalam percobaan ini sebanding dengan jumlah kalor (Q) yang diserap oleh air. Semakin lama pemanasan, berarti semakin banyak kalor yang diserap oleh air.

Percobaan II
Langkah percobaan:
1.     Susunlah peralatan seperti gambar 1.a
2.     Ambillah air sebanyak 50 ml dengan Gekas ukur dan tuangkan kedalam beker gelass.
3.     Ukur suhu air dengan termometer dan catat hasilnya pada table sebagai suhu awal (T1)
4.     Panaskan air tesebut selama 2 menit dan Ukur suhunya. Catat hasilnya kedalam table sebagai suhu akhir (T2)
5.     Ulangi langkah a-d untuk volume air yang sama tetapi dalam waktu yang berbeda (3menit,5menit dan 7 menit)


 
TABEL PENGAMATAN 2

No
Volume air (ml)
Waktu (sekon)
Suhu awal T1 (0C)
Suhu akhir T2 (0C)
Perubahan suhu (ΔT)


            50
3



5



7



Catatan:
Ingat! Waktu lamanya pemanasan dalam percobaan ini sebanding dengan jumlah kalor (Q) yang diserap oleh air. Semakin lama pemanasan, berarti semakin banyak kalor yang diserap oleh air.

Percobaan III

Langkah Percobaan
1.     Isilah 2 beaker gelas masing-masing dengan 20 mL air dan 20 mL minyak goreng
2.     Ukurlah suhu air dan minyak goreng dengan termometer dan catat pengukuranmu ke dalam tabel pengamatan.
3.     panaskan air dan minyak goreng secara bersamaan sampai suhunya 50 0C dan ukur waktu pemanasan dengan stopwatch.
4.     Catatlah data yang kalian peroleh pada tabel pengamatan

                         TABEL PENGAMATAN III
Jenis Zat
Suhu Awal T1
(0C)
Suhu Akhir T2
 (0C)
Perubahan suhu (ΔT)
Waktu pemanasan
(menit)
Air


50



Minyak goreng

50



A.    Pertanyaan
Analisis Data
1.     Amati baik-baik pasangan data jumlah kalor (Q) dengan massa (m) pada table 1! Apabila massa semakin besar:
a.   bagaimanakah lamanya waktu pemanasan yang diperlukan?
b.    Semakin besar ataukah semakin kecil?
c.   Jika demikian bagaimanakah hubungan antara jumlah kalor yang diterima air dengan massanya? ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Amati baik-baik pasangan data jumlah kalor (Q) dengan perubahan suhu (∆T) pada tabel pengamatan 2 ! Apabila perubahan suhu semakin besar
a.      Bagaimanakah lamanya waktu pemanasan yang diperlukan?
b.     Semakin besar ataukah semakin kecil?
c.      Jika demikian bagaimanakah hubungan antara jumlah kalor yang diterima air dengan perubahan suhunya? ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.     Pada Percobaan  III,  Zat manakah yang lebih lama  mencapai suhu 500C?
................................................................................................................................................................................................................................................
4.     Apakah jumlah kalor yang dibutuhkan untuk memanaskan air sama dengan kalor untuk memanaskan minyak goreng (massa dan kenaikan suhu kedua zat sama)? Jelaskan!....................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................
B.    Kesimpulan
Rounded Rectangle: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
 


No comments:

Post a Comment