Tuesday 29 April 2014

Archimedes (287-212 SM)


     
     Archimedes dilahirkan di kota pelabuhan bernama Syracuse, kota ini sekarang dikenal sebagai Sisilia. Archimedes merupakan keponakan raja Hiero II yang memerintah di Syracuse pada masa itu. Ia seorang matematikawan, fisikawan, astronom sekaligus filusuf.
Nama Archimedes menjadi terkenal setelah ia melompat dari bak mandinya dan berlari-lari telanjang setelah membuktikan bahwa mahkota raja tidak terbuat dari emas murni. Ucapannya "Eureka
(aku menemukannya)" menjadi terkenal sampai saat ini. dari kejadian tersebut Archimedes menemukan hukum pertama hidrolistik. Hukum tersebut dikemukakan waktu raja Heiron meminta Archimedes untuk menyelidiki mahkota raja, apakah mahkota tersebut terbuat dari emas murni. Ataukah ada campurannya.
Kisah itu diawali oleh sikap seorang tukang emas yang tidak jujur karena mencampurkan perak ke dalam mahkota pesanan raja. Sang raja pun curiga dan menyuruh Archimedes memcahkan masalah tersebut atau melakukan pengujian tanpa merusak mahkota. Rupanya selama mandi, dia memikirkan masalah itu dan menemukan cara membuktikan mahkota raja.
Untuk membuktikan mahkota raja tersebut terbuat dari emas murni atau tidak, Archimedes melakukan pembuktian dengan mengambil emas dan perak masing-masing seberat mahkota, kemudian secara berturut-turut kedua macam benda tersebut dimasukkan kedalam sebuah bak yang berisi penuh dengan air sehingga sebagian airnya akan tumpah dan air yang tumpah tersebut ditampung. Langkah berikutnya Archimedes memasukkan mahkota kedalam bak yang sama yang juga diisi penuh dengan air, kemudian air yang tumpah juga ditampung. Denganmembandingkan banyak air yang tumpah tersebut akhirnya diketahui bahwa, mahkota tersebut bukan terbuat dari emas murni, tetapi telah dicampur dengan perak.
Archimedes juga merupakan orang pertama yang mendefinisikan sistem angka yang mengandung "myriad (10000)", myramid menunjukkan seuatu bilangan yang nilainya tak berhingga. Ia juga mendefinisikan perbandingan antara keliling lingkaran dan jari-jari lingkaran yang dikenal sebagai pi sebesar 3.1429.
Archimedes terkenal dengan bukunya”hidrostatika”. Dia adalah seorang yang memiliki kemapuan besar dalam bidang fisika teori, seperti Lord Kelvin seorang insinyur praktis di zaman kuno.
     Didalam salah satu bukunya “ the send-reckorner”, dia mengatakan bahwa 1063 butir pasir dapat memenuhi ruang kosong diantara benda-benda langit seperti seperti yang disebut Aristarchus. Didalam bukunya yang berjudul ”on floating bodies”, dia menulis dasar-dasar hidrostatika. Dalam bukunya yang terkenal itu, ia mengatakan bahwa suatu benda padat yang berat bila dimasukkan kedalam zat cair, maka zat padat tersebut tenggelam sampai dasarnya. Dan berat benda padat itu lebih ringan dibandingkan denganberatnya pada waktu di udara.

No comments:

Post a Comment