LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
A. Tujuan
Membuktikan bahwa:
1. Kalor yang diperlukan untuk
menaikkan suhu yang sama dipengaruhi oleh jenis zat
2. Untuk perubahan suhu yang lebih
besar diperlukan kalor yang lebih besar pula (kalor sebanding dengan perubahan
suhu)
3. Untuk perubahan suhu yang sama,
zat yang massanya lebih besar membutuhkan kalor yang lebih besar
|
B. Alat dan bahan
- LKS - Beker
Gelas - Air - Kaki Tiga
- Bunsen - Minyak Goreng - Termometer - Statif
- Stopwacth - Gelas
Ukur
C. Prosedur percobaan dan
pengumpulan data:
Percobaan I
1.
Susunlah peralatan seperti gambar
Susunlah peralatan seperti gambar
Ambillah air masing-masing sebanyak 50
ml dan 100 ml dengan gelas ukur dan tuangkan masing-masing air tersebut kedalam
beaker gelas(50ml ke gelas A dan 100 ml ke gelas B).
3.
Ukur suhu masing-masing air
pada beker gelas dengan termometer dan catat hasilnya pada tabel sebagai suhu
awal (T1)..
4.
Panaskan air pada glas A dan B
tersebut sampai suhu air meningkat sampai 100. Catat waktu
pemanasannya dan masukkan kedalam tabel.
5.
Ulangi langkah 1-4 sebanyak 2
kali.
TABEL PENGAMATAN 1
No
|
Volume air (ml)
|
Suhu awal T1
(0C)
|
Suhu akhir T2 (0C)
|
Perubahan Suhu ΔT
(0C)
|
Waktu (sekon)
|
1
|
50
|
|
100
|
|
|
|
100
|
|
|
||
|
100
|
|
|
||
2
|
100
|
|
100
|
|
|
|
100
|
|
|
||
|
100
|
|
|
Catatan:
Ingat!
Waktu lamanya pemanasan dalam percobaan ini sebanding dengan jumlah kalor (Q)
yang diserap oleh air. Semakin lama pemanasan, berarti semakin banyak kalor
yang diserap oleh air.
Percobaan II
Langkah percobaan:
1.
Susunlah peralatan seperti
gambar 1.a
2.
Ambillah air sebanyak 50 ml
dengan Gekas ukur dan tuangkan kedalam beker gelass.
3.
Ukur suhu air dengan termometer
dan catat hasilnya pada table sebagai suhu awal (T1)
4.
Panaskan air tesebut selama 2
menit dan Ukur suhunya. Catat hasilnya kedalam table sebagai suhu akhir (T2)
5.
Ulangi langkah a-d untuk volume
air yang sama tetapi dalam waktu yang berbeda (3menit,5menit dan 7 menit)
TABEL PENGAMATAN 2
No
|
Volume air (ml)
|
Waktu (sekon)
|
Suhu awal T1 (0C)
|
Suhu akhir T2 (0C)
|
Perubahan suhu
(ΔT)
|
|
50
|
3
|
|
|
|
5
|
|
|
|
||
7
|
|
|
|
Catatan:
Ingat! Waktu lamanya pemanasan dalam percobaan ini
sebanding dengan jumlah kalor (Q) yang diserap oleh air. Semakin lama
pemanasan, berarti semakin banyak kalor yang diserap oleh air.
Percobaan III
Langkah Percobaan
1.
Isilah 2 beaker gelas masing-masing dengan 20 mL air dan 20 mL minyak
goreng
2.
Ukurlah suhu air dan minyak goreng dengan termometer dan catat pengukuranmu
ke dalam tabel pengamatan.
3.
panaskan air dan minyak goreng secara bersamaan sampai suhunya 50 0C
dan ukur waktu pemanasan dengan stopwatch.
4.
Catatlah data yang kalian peroleh pada tabel pengamatan
TABEL PENGAMATAN III
Jenis Zat
|
Suhu Awal T1
(0C)
|
Suhu Akhir T2
(0C)
|
Perubahan suhu (ΔT)
|
Waktu pemanasan
(menit)
|
Air
|
|
50
|
|
|
Minyak goreng
|
|
50
|
|
|
A.
Pertanyaan
Analisis Data
1.
Amati baik-baik pasangan data
jumlah kalor (Q) dengan massa (m) pada table 1! Apabila massa semakin besar:
a.
bagaimanakah lamanya waktu
pemanasan yang diperlukan?
b.
Semakin besar ataukah semakin kecil?
c.
Jika demikian bagaimanakah
hubungan antara jumlah kalor yang diterima air dengan massanya?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Amati baik-baik pasangan data jumlah
kalor (Q) dengan perubahan suhu (∆T) pada tabel pengamatan 2 ! Apabila
perubahan suhu semakin besar
a.
Bagaimanakah lamanya waktu
pemanasan yang diperlukan?
b.
Semakin besar ataukah semakin
kecil?
c.
Jika demikian bagaimanakah
hubungan antara jumlah kalor yang diterima air dengan perubahan suhunya?
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Pada Percobaan III,
Zat manakah yang lebih lama
mencapai suhu 500C?
................................................................................................................................................................................................................................................
4. Apakah jumlah kalor yang
dibutuhkan untuk memanaskan air sama dengan kalor untuk memanaskan minyak
goreng (massa dan kenaikan suhu kedua zat sama)? Jelaskan!....................................................................................
...............................................................................................................................................................................................................................................
B. Kesimpulan
![]() |
No comments:
Post a Comment