Thursday 8 May 2014

LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PRAKTIKUM PEMUAIAN

LEMBAR KERJA SISWA

Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi
muai panjang zat padat dan cair

Kegiatan 1
TUJUAN
·   Mampu menyebutkan definisi pemuaian
·   Mampu menyebutkan ciri-ciri pemuaian
·   Mampu menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pemuaian
·   Mampu menyebutkan perbedaan setiap macam pemuaian
ALAT DAN BAHAN
ALAT
·   Alat musschenbroek
BAHAN
·   Tiga batang logam yang berbeda (aluminium, besi dan kuningan) yang panjangnya sama
·   Spiritus
·   Kapas
·   Korek api
PROSEDUR PERCOBAAN
1. Pasanglah ketiga batang logam, kemudian aturlah jarum penunjuk skala sehingga menunjuk pada skala yang sama (angka 0).
2. Pasanglah kapas pada wadah di bawah ketiga batang logam, kemudian siram kapas dengan spritus secukupnya sampai merata.
3. Setelah spritus meresap pada kapas, bakarlah kapas tersebut
4. Amati gerak jarum penunjuk yang akan menunjukkan pertambahan panjang tiap batang logam. Apakah skala yang ditunjukkan oleh masing-masing jarum penunjuk sama?
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel pengamatan di bawah ini!
No.
Jenis logam
Angka yang ditunjuk
1.
Aluminium

2.
Kuningan

3.
Besi

Tuliskan alasan mengapa hasil eksperimenmu seperti pada tabel di atas!
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6. Berikan kesimpulanmu berdasarkan percobaan yang telah kalian lakukan!

 






No comments:

Post a Comment