Tahap
|
Aspek yang diobservasi
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Konfrontasi dengan masalah
|
||||
Guru menyajikan kejadian asing
|
|||||
Guru menjelaskan prosedur inkuiri
|
|||||
Guru memberikan
permasalahan yang cukup jelas pada siswa
|
|||||
Siswa melakukan
pengamatan dengan cermat
|
|||||
2
|
Pengumpulan dan verifikasi data
|
||||
Guru mengarahkan inkuiri pada pembuktian
kondisi, kejadian, obyek, atau sifat
|
|||||
Guru mengarahkan siswa untuk mengajukan
pertanyaan yang jawabannya ya/tidak
|
|||||
Guru memotivasi
siswa untuk mengajukan pertanyaan
|
|||||
Guru menjawab
pertanyaan siswa dengan jawaban Ya/tidak
|
|||||
Guru menolak pertanyaan terbuka
|
|||||
Siswa
mengajukan pertanyan yang jawabannya Ya/tidak
|
|||||
Pertanyaan yang
diajukan siswa berkaitan dengan demonstrasi
|
|||||
Guru meminta
siswa mengajukan hipotesis
|
|||||
Siswa
mengajukan hipotesis berdasarkan demonstrasi
|
|||||
3
|
Pengumpulan data-eksperimen
|
||||
Guru
mengidentifikasi pertanyaan siswa sebagai teori dan mengundang eksperimentasi
|
|||||
Siswa melakukan
eksperimen untuk pengumpulan data
|
|||||
4
|
Merumuskan penjelasan
|
||||
Guru membimbing
siswa merumuskan penjelasan
|
|||||
Siswa
menggunakan semua informasi yang sesuai dalam merumuskan penjelasan
|
|||||
Siswa menganalisis secara tertulis data yang diperoleh
|
|||||
5
|
Menganalisis proses inkuiri
|
||||
Guru memberikan
rekapitulasi langkah-langkah dari proses inkuiri
|
|||||
Guru melakukan
diskusi tentang elemen-elemen inkuiri seperti pengumpulan data, eksperimen,
hipotesis
|
|||||
Siswa
menjelaskan secara lisan data hasil eksperimen, pengujian hipotesis
|
|||||
Siswa memberikan saran terhadap proses
inkuiri
|
|||||
Guru merefleksi
dan memberi penguatan di akhir pembelajaran
|
|||||
Skor
|
4 :
Baik Sekali
3 :
Baik
2 :
Cukup
1 :
Kurang
No comments:
Post a Comment